Saturday, May 23, 2009

Memilih Piyik Berkualitas


TIPS MEMILIH PIYIK BERKUALITAS



Penggemar Perkutut di Indonesia semakin Menggila.
Pemain perkutut di Indonesia semakin banyak aja. bahkan peta Pembelian Perkutut di Indonesia paling besar di dunia. Thailand, Malaisia ,Singapura ,Brunei Darusalam jauh ketinggalan .Lebih dari 100 miliar uang Indonesia mengalir ke Thailan dan Malaisia pada setiap tahunnya untuk belaja Perkutut. lalu pertanyaannya ...di mana letak ketinggalannya , sampai kita belanja perkutut begitu banyak ?. Apakah memang Perkutut Indonesia kurang baik ?
Kalau kita mau cermat Perkutut kita tidak kalah dengan perkutut Thailand atau Malaisia.kita sudah bisa mencetak juara dan perkutut yahut dari kandang dalam negeri. Hanya saja kita sering kali tidak mau jujur. Misalnya banyak peternak indonesia memasang ring luar : MLT,SDP KPP,VP dan lain lain . Tujuannya untuk mendongkrak harga Perkutut. Penulis tahu betul tentang itu. Sebab bila ring luar yang dipasan Pemasaran jauh lebih mudah di banding denga ring lokal " sekalipun burungnya jelek "
Terlepas dari ring asli atau bukan , sekarang bagaimana cara memilih "piyikan yg punya masa depan yang bagus.
Piyikan berarti burung anakan antara umur 2-4 bulan karena burung ini sudah mulai berbunyi. lalu bunyi yang bagainana yang memepunyai prospek bagus ?
Pertama lihat bodinya. burung harus sehat. bentuk relatif lebih panjang. mata lebar ,cerah.
burung seperti ini biasanya jantan.
Ke dua , dengar suara nyicitnya ...wooopek.pek,pek,pek.pek.pek,pooo burung seperti ini biasanya suara besar dan burung usia 4 bulan sudah bisa bersuara seperti ini. lalu apakah suara burung sepeti ini pasti baik ? belum tentu. kalau jarak ?stepnya terlalu senggang atau lelah kemungkinan besar akan mendek atau patah. tetapi tergantung juga dari darah bapak /ibunya.
Kalau tidak tahu darah keturunannya ? dengar dulu sampai berbunyi empat kali, suara yang ke empat itulah suara aslinya besok kalau sudah besar. nah kalu piyik umur 2-3 bulan bagai mana ? , Cari suara yang demikian : Ciuuh cuh,cuhcuh,cuh,cuh,cuh cuuuuuh........
Ok ...sekarang coba amati piyik burung pekutut yang ada di peternak , kalau ada yang demikian beli , kalau tidak gak usah pelihara perkutut. Kami menyediakan piyikan mulai harga minimal Rp.100.000,- s.d 1 jt per ekor.
Ingat jangan tergiur dengan ring farm terkenal, kita beli suara bukan beli ring, bukan beli burung saja tapi beli anggungannya. Be Carefull. Untuk lebih jelasnya datang ke GALAXY BIRD FARM Jalan Borobudur 78 Blitar.

No comments: